Wednesday, December 12, 2018

Pengertian HTML



PENGERTIAN HTML

1. Dokumen HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Nah HTML ini merupakan file teks yang ditulis menggunakan aturan-aturan kode tertentu untuk kemudian disajikan ke user melalui suatu aplikasi web browser. Setiap informasi yang ditampilkan di web selalu digunakan kode HTML. Oleh karena itu, dokumen HTML sering disebut juga sebagai web  page (halaman web). Untuk membuat dokumen HTML, kita tidak tergantung pada aplikasi tertentu karena dokumen HTML dapat dibuat mengunakan aplikasi Text Editor apapun, bisa Notepad (untuk Windows), Emacs atau Vi EditoR (untuk linux), dan sebagainya.

Agar lebih mempermudah dalam pembuatan dokumen HTML, sekarang telah banyak tersedia aplikasi HTML Editor, yaitu suatu aplikasi Text Editor yang di khususkan untuk pembuatan kode-kode HTML.

Kode HTML dari suatu halaman web dapat kita lihat dari aplikasi web browser yang kita gunakan, yaitu dengan cara memilih menu View-Source (untuk Internet Explorer) dan View-Page Source (untuk Mozila Firefox dan Google Chrome).

2. Penamaan Dokumen HTML

Tidak ada aturan yang baku untuk penamaan suatu dokumen HTML. Artinya, kita bebas memilih nama untuk dokumen tersebut. Hanya ekstensinya saja yang perlu diperhatiakan. suatu file teks akan dianggap sebagai dokumen HTML jika memiliki ekstensi ".htm" atau ".html". maka dari itu, setiap membuat dokumen HTML, kita harus menyimpan ke dalam salah satu ekstensi tersebut, misalnya katalog.htm, produk.htm, servis.html, kontak.html, dan lain sebagainya.


3. Kerangaka Dokumen HTML

Secara umum, dokumen HTML terbagi atas dua bagian yaitu bagian header (kepala) dan body (badan). bagian heades diawali dengan tag dan diakhiri dengan tag , sedangkan bagian body diawali dengan tag dan ditutup dengan tag , kedua bagian tersebut diapit oleh tag dan , yang digunakan untuk menandai bahwa dokumen yang kita buat adalah dokumen HTML untuk lebih jelasnya, berikut ini kerangka dari dokumen HTML.


Bagi Yang ingin Melihat Dalam Bentuk Dokumen Bisa Didownload Dibawah

Google Drive | Mediafire | ZippyFire | Miror Ace | Mirrored

Bila ada yang ingin dipertanyakan silahkan koment dibawah ya.




0 comments

Post a Comment

Pages